December 29, 2017

Halo Jawa Timur Park Tiga!


Di Kota Batu Jawa Timur ada satu lagi tempat wisata baru, namanya 'Jawa Timur Park Tiga' atau 'Jatim Park 3'. Setelah kesana awal Desember kemarin, 'Jatim Park 3' ini punya macam-macam wahana bermain. Yang paling dikenal dan digaungkan adalah 'Dino Park'.

Di 'Dino Park' kita bisa mempelajari segala macam tentang dinosaurus. Mulai dari jenis-jenis berdasarkan makanannya, jaman-jaman kehidupannya, gigitannya seberapa kuat, sampai suaranya kayak apa. Makhluk super besar yang hidup jutaan ratus tahun lalu ini juga bisa kita sentuh secara langsung lho di 'Dino Park'. Seru apalagi kalau kita fans film 'Jurassic Park' dan 'Jurassic World'! Yaaa meskipun 'Jatim Park 3' belum selesai 100% sih pas saya kesana.

Jenis-jenis dinosaurus berdasarkan makanannya: karnivora, herbivora, dan omnivora. Btw T-Rex yang paling kiri itu bisa gerak-gerak kepalanya dan mengeluarkan suara.

Salah satu kerangka tulang dinosaurus di 'Museum Dino'.

Ada contoh-contoh bentuk fosil juga.

Anatomi dinosaurus, sayangnya belum ada keterangan nama otot-ototnya apa yang mana,

Ruang pengetahuan dinosaurus, disini banyak disajikan fakta-fakta menarik tentang dinosaurus.

Perbandingan kekuatan gigitan T-Rex dengan makhluk hidup lainnya.

Melalui alat ini kita bisa tau bagaimana suara macam-macam dinosaurus, tombolnya ada di balik gambar dinosaurus. Hebat ya ilmuan tuh bisa memprediksi gimana suara makhluk yang sudah punah jutaan ratus tahun yang lalu ini.

Salah satu contoh wahana yang belum jadi. Melihat dari jenis patung dinosaurusnya, tempat ini sepertinya akan jadi kolam.

Ada tur lima jaman naik kereta. Turnya ini outdoor, jadi kalau hujan ya resiko penumpang. Tur dimulai dari jaman Permian, Triassic, Jurassic (jaman keemasan dinosaurus), Cretaceous, sampai Ice Age. Buat saya ini cukup seru karena saya udah pernah baca dikit-dikit 'Dinopedia National Geographic'. Jadi nggak blank-blank amat lah yaaa hehe. Soalnya suara-suara yang menjelaskan selama tur itu tumpang tindih satu dengan lainnya. Mungkin karena efek belum 100% jadi akhirnya belum maksimal.

Ini nama tempatnya 'Ice Age' (bukan termasuk tur lima jaman ya, beda lagi). Tempatnya bagus serba putih. Di 'Dino Park' kan ada 'Museum Dino', 'Tur Lima Jaman', 'The Rimba', sama 'Ice Age' ini.

Masih di 'Ice Age'.

Salah satu sudut 'The Rimba'. Dinosaurus-dinosaurus di 'The Rimba' ini bukan patung keras dari semen lho. Kulitnya lunak, mereka bisa gerak-gerak dan bersuara.

Kalau lapar bisa langsung cus ke 'Dino Cafe'.

Puas main di 'Dino Park' saya nyoba ke 'FunTech'. Wahana permainan digital. Serba teknologi masa kini. Ada lantai yang kalau diinjak warnanya ganti-ganti, ada piano raksasa yang cara mainnya diinjak, ada permainan laser (kayak jadi agen rahasia gitu, yang main nggak boleh kena laser), sama ada booth untuk mewarnai hewan-hewan laut terus hasil mewarnanya di-scan dan muncul di layar besar dan bisa gerak-gerak. Main di 'FunTech' dibatasi berapa menit ya lupa, dua puluh menit kayaknya.

Hayo tebak ini hasil karya siapa? xD

Lanjut ke 'Infinite World'. Seperti namanya ada empat belas ruangan "tak terbatas". Efek ilusi mata sebenernya. Pantulan cermin gitu lho jadi seolah-olah ruangannya nggak ada batas. Bagus! Ada beberapa ruangan yang saking gelapnya malah membuat cahaya yang ada makin berkelip-kelip indah. Terus ada yang terang, instagramable banget, dan..........orangnya banyak lol. Ngumpul disana semua ternyata yang masuk awal-awal pemirsa. Makanya kok sepi amat lha kok ada marksanya. Sebelum masuk 'Infinite World' kita dikasih sarung tangan dan kantong kain untuk dipakai di sepatu. Biar nggak kotor ruangannya.

A post shared by Endah Apriliani (@endahapril) on


Terus apa lagi ya...oooh iya ada bioskop 6D. Biasa aja masih lebih seru dan menegangkan bioskop 4D yang ada di Selecta. Ada 'House of Zombie' yang nggak saya masuki karena nggak ada temen yang mau diajak masuk. Ada rumah dinosaurus yang kayaknya nih tebakan saya dibikin creepy ala-ala 'Jurassic Park', tapi wahananya belum jadi.

Terakhir saya masuk ke 'Galeri Musik Dunia'. Kalau kamu suka musik, tempat ini surga dunia deh. 'Galeri Musik Dunia' adalah museum musik yang menyimpan alat-alat musik dari dalam maupun luar negeri dari jaman duluuu banget sampai jaman sekarang. Alat-alat musik jadul seperti gramofon di sana masih bisa dimainkan lho. Dan nggak hanya alat musik aja, ada juga album-album dari beberapa pemusik nasional maupun internasional baik dari masa lampau hingga masa kini. Seperti wahana lainnya yang belum jadi 100%, sebagian "booth" penyanyi ada yang masih kosong kayak punya Bob Marley dan Justin Bieber. Museum ini ada tiga lantai, waktu saya kesana di lantai tiga ada patung lilin Pangeran William dan Kate Middleton. Iseng saya pegang tangan Kate, saya gidik-gidik ngeri karena kayak kulit manusia. #udik







Tiket masuk ke 'Dino Park' dibanderol Rp 100.000, 'FunTech' Rp 30.000, 'Infinite World' Rp 30.000, Bioskop 6D Rp 20.000, dan 'Galeri Musik Dunia' Rp 50.000. Ini harga awal Desember soalnya masih masa promo. Kalau mau kesana ceki-ceki dulu harga tiket masuknya di medsos resminya ya.

Sampai jumpa di postingan berikutnya!


*

4 comments :

  1. Ini baru ya? ada infinity room juga wahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya baru banget, kalau udah pulang ke indonesia coba kesana gis, kemungkinan besar sudah jadi 100%

      Delete
  2. Owalah.. Baru ternyata..

    Dulu ak jg pernah ke Jatim park; entah yg jatim Park berapa.. Tp g nemu kayak gini eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas jatim park 3 masih baru, november kalo nggak salah baru dibuka.

      iyakah?? yang ada museum satwa? kalo iya itu yang jatim park 2, kalo yang mainannya banyak yang ekstrim sama ada museum tubuh berarti di jatim park 1.

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top