November 21, 2017

Serial Kartun Favorit


Sebagai manusia yang menghabiskan masa kecil di tahun 90an, tahun dimana film dan serial kartun merajalela, hari Minggu saya dulu selalu habis di depan layar kaca dari pagi sampai siang untuk nonton film maupun serial kartun. Beranjak ke tahun 2000an awal, setiap sore dari Senin sampai Jumat beberapa stasiun televisi swasta nasional juga menayangkan serial kartun. Sampai saat ini pun, saat dimana tayangan untuk anak-anak makin minim, puji syukur masih ada stasiun televisi swasta yang memutar serial kartun di malam hari.

Entah karena waktu kecil selalu tercekoki kartun dari televisi atau apa, hingga dewasa ini saya masih betah untuk nonton film maupun serial kartun. Dan saya bersyukur untuk itu. Mungkin kalau dari kecil saya tercekokinya sama sinetron alay mungkin sekarang kalau ada yang ngomongin saya di perosotan, saya akan ngelabrak dia dengan wajah antagonis sambil nuduh "elo yang ngomongin gue di perosotan.....kan?". #SKIP

Meskipun sudah banyak sekali film maupun serial kartun yang saya tonton, ada beberapa yang selalu jadi favorit dan nempel di ingatan sampai hari ini. Daftarnya saya tulis setelah ini pakai nomor-nomor. Nomor disini nggak menunjukkan tingkat kefavoritan lebih tinggi atau lebih rendah, cuma penunjuk biar urut aja.


1. Chibi Maruko Chan
Tayang hari Minggu pukul tujuh pagi hahaha. Opening dan closing song-nya saya hafal sampai hari ini. Tokoh utamanya adalah seorang anak perempuan SD bernama Momoko Sakura yang biasa dipanggil Maruko. Maruko tinggal di rumah bersama orangtua, kakak perempuan (yang selalu dipanggil kakak, bahkan orangtuanya juga manggilnya kakak, nggak pernah diekspos siapa nama aslinya), dan kakek-neneknya. Dia punya sahabat karib namanya Tamae.

Selain itu Maruko juga punya teman-teman sekelas yang bentuk kepalanya macem-macem. Ada yang lonjong, ada yang bulat, ada yang kayak bawang. Secara umum penggambaran fisik di Chibi Maruko Chan memang macem-macem sih. Teman-teman sekelas Maruko itu masing-masing punya kepribadian yang menonjol dan kadang ada yang rada aneh hehehe. Contohnya Maruo sang ketua kelas yang terobsesi banget jadi pemimpin, Boo yang kalau tiap ngomong suka nyelip boo~ boo~, anak orang kaya raya yang saya lupa namanya selalu tampil bling-bling dengan gaya rambut klimis, dan seorang anak perempuan wakil ketua kelas yang cinta mati sama anak orang kaya itu tapi cintanya kayak bertepuk sebelah tangan.

Cerita yang diangkat di Chibi Maruko Chan nggak jauh-jauh dari kejadian sehari-sehari pelajar SD. Mulai dari persahabatan, cinta-cintaan ala bocah kecil, dimarahi orangtua terus larinya ke kakek-nenek (wkwkwk), sampai persaingan di lapangan olahraga sekolah.


2. Hamtaro
Tukutuk Hamtaro tidur, Hamtaro tidur dimana saja, apa yang paling dia senangi? Biji bunga matahari~~~

Kalau kamu baca sambil nyanyi, sini tos dulu HAHAHAHA. Hamtaro tayang pukul setengah delapan pagi setelah Chibi Maruko Chan. Fokus serial ini lebih banyak ke petualangan hamster-hamster piaraan yang kalau pemiliknya lagi sekolah selalu mengadakan pertemuan rahasia di bawah tanah. Saya lupa nama-nama hamster selain Hamtaro, hanya beberapa yang masih saya ingat: Gembul, Bos, dan Upi. Upi si hamster kecil mungil pakai ponco kuning.


3. P-Man
P-Man juga tayang setengah delapan pagi di hari Minggu. Kayaknya sih serial ini digantikan Hamtaro.

Beda dengan Chibi Maruko Chan yang ceritanya tentang anak-anak sekolah biasa, P-Man ini anak sekolah yang punya tugas untuk menjaga perdamaian. Dia adalah super hero. Kalau lagi bertugas, biar nggak ketahuan identitas sebenarnya, ada satu boneka yang kalau dipencet hidungnya bisa berubah jadi P-Man versi anak biasa. Obsesi banget saya sama boneka itu hahaha, mayan kan bisa menggantikan kita ngerjain sesuatu pas kita lagi pingin goleran sepanjang hari di kasur. :P

Lencana P, topeng, dan jubah bertugasnya tersimpan rapi di sebuah gumpalan yang kalau diunyet-unyet(?) bisa keluar semua. P-Man nggak sendirian, ada teman-temannya yang membantu seperti P-Girl dan P-Fat. Mereka ini beda-beda tempat tinggal dan sekolahnya. Mereka ini adalah anak-anak terpilih, ada bos besarnya juga.

P-Girl seperti namanya dia berjenis kelamin perempuan, sedangkan P-Fat seorang anak laki-laki berbadan tambun yang usianya lebih tua dari P-Man. Eh ada satu lagi ding anggotanya namanya saya lupa tapi super hero satu ini bukan manusia tapi seekor monyet. 🐒


4. Doraemon
Ini nih yang paling populer, robot kucing dari abad 21. Tokoh-tokoh dan garis besar cerita saya rasa sebagian besar dari kita tau ya siapa-siapa saja dan gimana-gimana karakternya maupun jalan ceritanya. Jadi yaudah nggak usah dijelasin panjang lebar. *lol pemalas*

Dari sekian banyak alat ajaib milik Doraemon, yang paling saya pingini adalah alat yang bisa ngambil segala sesuatu yang ada di dalam acara televisi. Alatnya saya lupa namanya apa. Mongomong Doraemon versi layar lebar menurut saya nggak bagus, mending serialnya lah kemana-mana. Ada yang sependapat?


5. Crayon Shinchan
Biarkan aku menyanyi sebentar:

Seluruh kota
Merupakan tempat bermain yang asyik
Oh senangnya
Aku senang sekali
Kalau begini akupun jadi sibuk
Berusaha mengejar-ngejar dia
Matahari menyinari
Semua perasaan cinta
Tapi mengapa hanya aku yang dimarahi
Di musim panas
Merupakan hari bermain gembira
Slalu saja terkena flu
Pilek tiada henti-hentinya
Sang beruang tidur
Dan tak ada yang berani ganggu dia
Oh sibuknya
Aku sibuk sekali

Setelah sekian lama nggak nonton Crayon Shinchan, ternyata lagunya sudah berubah aku sedih. :(

Crayon Shinchan agak nyeleneh dari kartun-kartun sebelumnya. Shinchan si tokoh utama memang masih TK tapi kalau lihat perempuan cantik dia jadi genit. Kalau mengacu pada aturan penayangan acara di televisi sekarang kayaknya Shinchan gak mungkin lolos tayang ya hahaha.

Kakak laki-laki saya dulu nggak suka sama serial ini karena menurut dia gambarnya jelek tapi ujung-ujungnya ketawa-ketawa juga kalau lagi nonton bareng saya. Versi komiknya lebih ngeres daripada serial di tivi.


6. Powerpuff Girls
Kartun Amerika tentang super hero tiga gadis cilik: Blossom, Bubbles, dan Buttercup. Ingat ya di opening acaranya selalu ada proses pembuatan trio ini? Professor Utonium mencampur gula, bumbu, dan bahan-bahan lainnya kemudian nggak sengaja menumpahkan unsur kimia X ke dalam campuran tadi dan BOOM! Powerpuff lahir! 😂😂😂

Saya dulu sempat loh kepikiran untuk ngikutin cara Professor Utonium (karena belum kenal mata pelajaran Biologi bab sistem reproduksi), kemudian nggak jadi karena nggak punya unsur kimia X. 😂

Yang seru dari serial ini adalah tiap episode musuhnya ganti-ganti. Ada yang mereka bertiga ngelawan geng Amoeba, monyet jahat bernama Mojo Jojo, tetangga mereka sendiri, teman sekelas mereka sendiri, boneka cumi-cumi Bubbles, dll. Paling favorit waktu mereka melawan Rowdyruff Boys buatan Mojo Jojo.


7. Marsupilami
Marsupilami berupa hewan berbulu kuning totol-totol hitam dengan ekor super panjang yang seperti per. Nggak nyangka ternyata dia punya pasangan dan tiga ekor anak. Anaknya macem-macem pula warnanya. Ada yang mirip dia (kuning bertotol hitam), ada yang kuning polos, dan ada yang ungu polos. Mereka hidup di hutan tapi kadang si Marsupilami jantan ngembara ke kota terangkut orang. Marsupilami ini nggak bisa ngomong meskipun nggak ada manusia di sekitarnya. Bisanya bersuara huba hibi hubu hon hon. Meskipun nggak ngerti bahasa Marsupilami ya saya tetep aja nonton, heran juga wkwkwk.


8. Detektif Conan
Dulu tayangnya jam sembilan atau setengah sepuluh pagi. Tayang cuma setengah jam, iklannya banyak banget duh. Satu kasus bisa sampai sebulan nunggunya. Lebih asik baca komiknya deh ya.


9. Ace Ventura Detektif Hewan
Kayaknya serial kartun ini adalah versi animasi dari film dengan judul yang sama, apa kebalik? Kartun dulu baru versi live action yang Jim Carrey jadi Ace Ventura? Whatever. Yang jelas serial ini kocak abis, dan Ace Ventura punya gerakan ikonik: nyek-nyekin orang lain pakai bokongnya.


10. Kim Possible
Nggak sengaja nonton serial ini waktu bangun kepagian jam enam haha. Dulu di Indosiar jam segitu sering ada serial kartun Amerika tapi tayangnya nggak bisa saya tengeri(?). Jadi minggu ini Kim Possible, minggu depan eh tiba-tiba Samurai Jack. AH IYA AKU JUGA SUKA SAMUARI JACK!

Kim Possible ini anak SMA yang kalau malam hari berubah jadi agen rahasia. Bersama seorang teman laki-lakinya dia beraksi, ada hewan piaraan juga sebangsa tikus(?) bernama Rufus yang menemani. Yang saya favoritkan dari serial ini sebenarnya adalah kehidupan normal Kim waktu di sekolah. Nggak tau kenapa saya suka aja ngelihat kehidupan anak-anak sekolah di Amerika.


11. Serial Aladdin
Ini kasusnya sama kayak Kim Possible. Nggak sengaja nonton karena bangun kepagian. 😂 Serial ini kebanyakan hanya menceritakan petualangan Aladdin, Abu (monyet peliharaannya), dan Jin tanpa Jasmine. Jin warna biru favoritkuuu. Konyol abis ada aja yang diomongin.


12. Donald Duck
Kalau Donald Duck nontonnya lewat VCD (bajakan) yang dibeli di pasar. Dulu marak banget orang jualan VCD serial-serial kartun Disney. Dulu saya nggak ngerti kan masalah bajakan-bajakan ini jadi yaaa gitu deh. 😂 Paling suka kalau Donald udah sama ponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak (kalau di Barat Huey, Dewey, dan Louie). Episode favorit jelas 'Treat or Trick'. 😉


13. Tom and Jerry
Ini juga nontonnya dari VCD. Sekarang kadang-kadang juga masih tayang Tom and Jerry di tivi dengan versi animasi yang jauh lebih modern. Jalan ceritanya masih sama tentang permusuhan si kucing Tom dan si tikus Jerry. Bedanya kalau di tivi banyak adegan pukul-pukulan yang disensor.


14. Sagwa
Ada yang masih ingat? Ada yang dulu suka nonton? Dulu tayangnya di ANTV tiap sore jam tiga dari Senin sampai Kamis kalau nggak salah. Sagwa ini salah satu kucing istana negara Cina jaman dulu. Ada teman-temannya juga tapi saya lupa namanya siapa-siapa. Episode favorit waktu Sagwa diceritain tentang legenda shio oleh neneknya. Iya shio yang hewan-hewan mulai dari tikus sampai babi itu lho.


15. Popeye
Ini juga tayangnya sore hari. Ceritanya nggak jauh-jauh dari Popeye yang punya niat baik dan Bruto yang yang berniat jahat. Ada cerita Olive sendiri juga kadang-kadang, Olive ini agak oon ya hehehe. Di akhir episode selalu ada pesan yang berfaedah untuk anak-anak. Contohnya pesan tentang pentingnya gosok gigi teratur dan tentang memakai alat pelindung waktu naik sepeda (helm, pelindung siku dan lutut).


16. Totally Spies
Saya awalnya underestimate sama film ini. Terus suatu petang nonton bareng sepupu. Asik juga ternyata. Super hero tiga wanita cantik yang kalau berubah jadinya berpakaian ketat merah, biru, dan hijau. Tiga orang ini punya karakter yang beda-beda. Mirip Powerpuff Girls gitu deh, ada yang dewasa, imut, dan kelaki-lakian.


17. Sailormoon
Saya nonton Sailormoon nggak pernah urut, dan nggak pernah tau episode pertama sama terakhirnya kayak gimana. 😂 Episode yang paling saya ingat itu waktu mereka dikalahin sama musuhnya terus kristal kehidupan mereka keluar semua. Masing-masing berwarna mengikuti kostumnya. Nggak paham juga kadang-kadang ada juga musuh yang nyerang tapi munculnya bukan kristal kehidupan dan tapi cermin kehidupan. 😞


18. Wedding Peach
Ini juga kasusnya sama kayak Sailormoon: nontonnya nggak pernah urut, dan nggak pernah tau episode pertama sama terakhirnya kayak gimana. Tapi ya tetep ditonton aja hahaha demi nonton transformasi mereka bertiga. Potongan scene yang masih nempel di ingatan adalah pas cewek rambut panjang coklat yang bajunya biru, ternyata jadian(?) sama laki-laki berambut panjang blonde yang suka tiba-tiba muncul entah darimana pokoknya dari tangga yang tiba-tiba muncul juga dari langit.


19. Hey Arnold
Hey Arnold adalah serial kartun dari Amerika yang tokoh utamanya masih sekolah, sama kayak Kim Possible. Tokoh-tokoh di Hey Arnold punya bentuk kepala yang beda-beda, kayak tokoh-tokoh di Chibi Maruko Chan. Arnold sendiri kepalanya kayak bola rugby. Terus ada Helga, cewek yang giginya agak keluar, dia suka Arnold tapi juga suka ngejek Arnold.


20. Fairly Odd Parents
Ini lucu bangeeeeet perinya bisa berubah jadi goldfish! Tokoh utamanya anak laki-laki yang kecil mungil. Lupa sih biasanha nyeritain apa hahaha. Maklum nontonnya nggak rutin.


21. Pokemon
Pokemon generasi pertama aja yang saya suka. Bentuk pokemonnya masih lucu-lucu nggak kayak robot. Nonton Pokemon juga kebanyakan dari VCD. Pas nonton di televisi setelah sekian lama nggak nonton saya kaget kok Pokemonnya jelek-jelek. :(


22. Rugrats
Kartun produksi Nickelodeon ya kalau nggak salah. Menceritakan sekelompok bayi-bayi yang bisa memecahkan masalahnya sendiri, misal menjebak pengasuhnya yang galak. Pengasuhnya ini anak perempuan yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Terus ada sekuelnya yang berjudul Grow Up! Nggak pernah nonton lagi karena.....apa ya dulu alasanya kok lupa. 😂


23. Spongebob Squarepants
WOW!! FAVORIT BANGET! Apalagi yang episode Rock Bottom! Emang dasarnya saya doyan alam bawah laut. Serial Spongebob Squarepants memang nggak mendidik tapi anehnya sangat menghibur wkwkwkwkwk.


24. TAYO
Serial kartun dari Korea Selatan yang akhir-akhir ini saya tonton karena direkomendasikan sama ponakan saya yang masih kecil hehehe. Tayo di bus kecil yang punya banyak teman. Ada Lani, Gani, Hana (montir cantik), dll saya nggak inget. *faktor u* 😂😂


25. Robocar Poli
Tau serial ini pertama kali karena nonton Superman Returns episode Song Triplets. Eh lha kok tayang juga di Indonesia. Film ini sangat mendidik anak-anak kecil untuk paham aturan lalu lintas.


Wah banyak juga ya HAHAHAHA. Ayo siapa disini yang suka kartun kayak saya tunjuk tangan???

Eh.....kayaknya ada satu lagi deh yang ketinggalan: UPIN IPIN! Mail kesayangan gue 😂😂😂😂😂


**

4 comments :

  1. Ketauan ini sudah berusia berapa hahahahahaha
    One Piece, Beyblade, Crush Gear perlu disebutin juga mbaaak!

    Kalau yang di hari Senin-Jumat di TV7 ada Ranma 1/2 sama Hunter X Hunter, di ANTV ada Scooby Doo

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA🙈
      Oh iyaaa One Piece aku juga suka, Beyblade aku tau tapi nggak pernah nonton mweheheh, Crush Gear...yang apa? Haha aku nggak tau. Aku nontonnya kartun yang imut2 lol.
      Hunter X Hunter tau juga tapi nggak pernah nonton. OH IYA SCOOBY DOO!!!!! LUPA🙈

      Delete
  2. anak orang kaya raya yang saya lupa namanya selalu tampil bling-bling dengan gaya rambut klimis >> hanawa #egimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAA IYAAA HANAWA WKWKWKWKWK MAKASIH KAKAKNYT!!!

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top