August 18, 2017

Tentang Film 'Room' (2015)

This post contains spoiler.


It's a very good movie. I got emotional several times while watching it. It's worth sitting like two hours watching 'Room'. I enjoy every minute of the movie.

Well it's kinda difficult to tell the story and the characters in English so I'll do it in bahasa Indonesia. 😂

Jadi 'Room' ini menceritakan tentang seorang perempuan yang hidup di sebuah ruangan kecil segi empat selama tujuh tahun! Di dalam ruangan tersebut ada tempat tidur, lemari, bak mandi, kakus, wastafel, kompor, dkk. Nggak ada jendela sama sekali di dindingnya, hanya ada satu jendela di atap. Ukuran ruangannya kira-kira 4x4 m. Membayangkannya aja udah sumpek.

Dia diculik seorang pria ketika berusia 17 tahun dan "disekap" di dalam ruangan tersebut. Disitulah dia tidur, masak, makan, mandi, poop, pipis, jemur baju dan..........melahirkan serta membesarkan anak laki-lakinya. Bisa ditebak bapak anak laki-laki itu siapa ya. Sumpah yang nyulik itu totally a ba$tard and he deserved to spend his whole life in jail.


Oke balik lagi ke topik, perempuan itu bernama Joy, anaknya bernama Jack dan telah berusia 5 tahun. Selama 5 tahun Jack menghabiskan hari-harinya di dalam ruangan kecil itu. Ibunya ngajarin dia macem-macem misalnya masak, olahraga, dan mendongeng. Joy ini mentalnya setrong abis. Di tengah keadaannya yang sungguh bikin depresi itu dia tetap berusaha menjadi ibu yang baik untuk Jack. Kalau mentalnya lembek mungkin dia sudah bunuh diri dari kapan tahun. Jack sendiri anaknya pintar dan berani. DAN GANTENG.


Long story short akhirnya Jack dan Joy bisa menghirup udara bebas dan kembali ke keluarganya. Buanyak hal telah terjadi dan telah berubah selama tujuh tahun. Orangtua Joy ternyata sudah pisah. Cobaan hidupnya berat sekali. 😭 Untungnya ibu Joy dapat pendamping hidup yang baik, rumahnya bagus dan besar. Ayah Joy tinggal di kota lain.

Jack sendiri karena terkurung selama lima tahun dia harus diimunisasi macem-macem dan nggak boleh kontak dengan banyak orang dulu untuk sementara waktu. Dia kadang takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Segalanya masih terasa asing untuk Jack. Lambat laun dia mulai beradaptasi (let's trust kids!), dan aduh beneran ini anak mentalnya juga kuat. Dia membuat ibunya menemukan semangat lagi untuk hidup. Huhuhu.


Sepertiga awal film banyak membahas kehidupan mereka sewaktu masih "disekap". Sisanya menampilkan mereka di dunia luar. Konflik semakin kompleks mendekati akhir film tapi penyelesaiannya oke nggak banyak drama. You guys should watch 'Room'.


P.s. I only watched the movie, didn't read the book.


(all photos from IMDb)

*

No comments:

Post a Comment