February 20, 2017

One Rainy Day at Jawa Timur Park 1 (Jatim Park 1)


Salah satu keuntungan berkunjung ke Jatim Park 1 di musim hujan yang berangin ini adalah nggak banyak pengunjung lain yang kesana. Kerugiannya jika hujan turun atau angin bertiup terlalu kencang, wahana-wahana ekstremnya ditutup.

Berbekal analisis untung-rugi tersebut, minggu lalu saya dan teman saya nekat rekreasi ke Jatim Park 1 dengan langsung menuju ke wahana-wahana ekstrem. Galeri budaya dan ilmu pengetahuan kami skip semua hahaha. Tujuan utama memang untuk teriak-teriak naik roller coaster, kami butuh refreshing setelah berminggu-minggu terpapar negative vibes di kampus.

Wahana pertama yang kami naiki adalah Star Chase. Kemudian Spinning Coaster, Flying Tornado (disini kami duduk bersebelahan dengan mamas cute yang ramah dan tidak sombong lol info penting), Pendulum 360, dan Superman Coaster. Superman Coaster kami naiki setelah hujan reda. Selama hujan yang cukup lama dan cukup deras itu kami berteduh di dalam Fish Park. Melihat-lihat koleksi ikan air tawar dan air laut.




Kami juga sempat masuk Rumah Pipa dan sukses keluar basah kuyup! Bukan karena hujan turun di tengah-tengah perjalanan, bukan. Kami basah kuyup karena memang disemprot air di Taman Buaya di dalam Rumah Pipa. Kampret tapi seru sih ngakak-ngakak menertawakan diri sendiri.

Puas main di Jatim Park 1, kami lanjut ke Museum Tubuh. Intinya perjalanan dari otak ke usus besar manusia.

Replika pembuluh darah dalam hati manusia. Banyak banget!!! MasyaAllah.....

Di masing-masing bagian, ada banyak keterangan tentang organ-organ yang bersangkutan. Biologi banget and I love it! Staf-stafnya siap membantu jika kita ada pertanyaan. Terus ada juga tes kesehatan gratis. Ada beberapa tawaran mau tes apa. Waktu itu saya pilih tes asam urat dan tes lemak. Kayaknya saya dulu lagi sedikit apes, mas-mas yang menangani tes lemak nggak ramah dan cenderung jutek.

Replika tengkorak manusia

Bagian yang membuat penasaran di dalam Museum Tubuh adalah Ruang Cadaver. Ruangan ini berisi anatomi tubuh manusia asli (kecuali bola matanya karena bola mata asli jika diawetkan akan menyusut) dan hanya boleh dimasuki oleh pengunjung yang berusia di atas 18 tahun.

Tubuh-tubuh yang ada di Ruang Cadaver diimpor dari Cina. Kenapa Indonesia nggak membuat cadaver sendiri? Menurut penjelasan mas staf yang baik hati disana, cadaver di Indonesia masih belum etis.

Kita nggak diperbolehkan memfoto objek yang ada di dalam Ruang Cadaver karena untuk menghormati almarhum dan almarhumah pemilik tubuh-tubuh yang ada di dalam. Beliau-beliau ini adalah orang-orang asal Cina yang mendedikasikan dirinya untuk ilmu pengetahuan. Identitasnya dirahasiakan.

Profil singkat Ibnu Sina di Wall of Fame Museum Tubuh

Quotes di dekat pintu keluar Museum Tubuh

Selesai tur di Museum Tubuh akhirnya saya dan teman saya pulang. Seharian banget disana hahaha. Nunggu hujan reda sih. But it was all worth it.

Pesan di pintu keluar Museum Tubuh

Kamu sudah pernah ke Jatim Park 1? Boleh share cerita di kolom komentar ya. See you!


*

4 comments :

  1. Asli liat replika pembulu darah itu aku merinding...huaaa...

    ReplyDelete
  2. Waktu ke Malang, tadinya pengen ke Jatim park 1, tapi tutupnya lbh cepet dari Jatim park 2, jadi langsung muter arah balik lagi ke Jatim park 2 hihihihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatim park 2 juga bagus mak, tapi wahananya menurutku lebih seru jatim park 1 :D

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top